Program P3PD Lakpesdam PBNU di Desa Ngestiharjo, Kulonprogo Berjalan Sukses

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Pada tahun 2023, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU) mengawal program Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) dengan target sasaran 112 desa/kelurahan. Saat ini program telah memasuki masa monitoring tahunan. Tim program turun di 80% lokus, termasuk di Kabupaten Kulonprogo.

Desa Ngestiharjo menjadi saksi keberhasilan program ini, dengan penerimaan yang sangat baik dari masyarakat setempat. Pendampingan yang intensif dari tim lokal, yang sudah merasakan manfaatnya, menjadi salah satu kunci kesuksesan. Selama proses monitoring, team leader program, Asrul Raman juga menyempatkan diri untuk membantu kegiatan pelatihan digital marketing bagi perempuan pengurus sekolah lapang di desa tersebut.

Peserta pelatihan tidak hanya menyambut positif kegiatan ini, tetapi juga mengapresiasi inisiatif tersebut. Mereka berharap agar ke depannya ada kegiatan lanjutan, seperti menjadi konten kreator desa. Harapan ini tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan digital marketing, tetapi juga membuka peluang bagi para ibu-ibu di desa untuk menjual dan memasarkan produk secara online.

Dengan antusiasme dan optimisme yang tinggi dari masyarakat, Program P3PD di Desa Ngestiharjo, Kulonprogo diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat perdesaan.